5 Berita Hoaks Ini Bikin Dunia Sempat Heboh

Berita hoaks alias berita bohong memang meresahkan. Penyebarannya susah terbendung dan kadang juga bikin geger.

Tapi, berita apa-apa saja sih yang sempat menggegerkan dunia? Berikut ini ada 5 informasi hoaks paling fenomenal yang pernah ada. Cuss!

1. Monster Loch Ness

Hoaks kali ini datang dari Daily Mail yang terbit pada tahun 1934. Yap, foto Monster dari Danau Loch Ness yang sempat menggemparkan dunia waktu itu tak lain dan tak bukan hanyalah kebohongan belaka. Hal ini sudah dikonfirmasi sejak tahun 1994.

2. Peri Cottingley

Peri Cottingley adalah serangkaian foto yang diambil pada tahun 1917 dan 1921 oleh dua orang gadis. Foto-foto itu mereka gunakan sebagai bukti kalau peri dan elf itu nyata. Tapi, sayangnya foto-foto ini cuma rekayasa. Saking menggegerkannya foto Peri Cottingley, foto hoaks ini dianggap sebagai hoaks paling cemerlang abad ke-20. Bahkan tokoh terkenal seperti Arthur Conan Doyle sangat percaya pada keaslian foto-foto tersebut hingga kematiannya.

3. Garam Campur Kaca

Pindah ke Indonesia, nih. Di zaman serba canggih ini, para kaum ibu sempat dibuat geger dengan beredarnya kabar penjualan garam yang mencampur garam dengan serpihan kaca. Katanya, hal ini dipicu harga mahal garam pada saat itu. Akibatnya, sejumlah produsen garam di beberapa wilayah di Indonesia pun merugi. Padahal isu ini cuma hoax dan tak pernah terjadi.

4. Telur Palsu

Setelah garam, Indonesia juga sempat beredar isu tentang telur palsu di beberapa pasar tradisional. Hal ini viral ketika ada satu video yang memperlihatkan seorang pedagang yang membuktikan telur palsu ke konsumennya di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat. Padahal setelah di cek oleh pihak kepolisian di laboratorium, tidak pernah ada telur palsu yang tidak aman untuk dikonsumsi.

5. Iron Man Bali

Seorang pria asal Bali berusia 31 tahun bernama I Wayan Sumardana alias Sutawan alias Tawan dijuluki sebagai manusia robot. Hal itu karena ia bisa menciptakan robot untuk menggerakkan tangan kirinya yang lumpuh karena stroke. Namun setelah diteliti semua itu ternyata Cuma Hoax belaka. Robot tersebut ternyata sudah rusak dan tidak pernah berfungsi dengan baik sebelumnya.

 

Penulis: Della

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *