Ini Aturan Baru Kalau Kamu Mau ke Singapura

Siapa yang sudah berencana akan berliburan akhir tahun ke Singapura? Dicek kembali ya syarat-syaratnya.

Karena, negara yang terkenal akan patung Merlion ini menerapkan kebijakan baru untuk menganti kartu kedatangan traveler. Buat para wisatawan yang ingin ke sana, diwajibkan melapor via online. Bagaimana caranya ya?

Melalui laman resminya pihak Imigrasi Singapura, Immigration and Checkpoints Authority (ICA) menyatakan bahwa kebijakan baru ini merupakan pembaruan dari kartu kedatangan yang akan di isi melalui website resmi atau aplikasi ICA bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Singapura.

Dengan adanya sistem baru yang dinamakan Electronic Arrival Card ini, yang dulunya mengisi kartu kedatangan dalam bentuk fisik dan hanya teruntuk satu orang. Kini bisa pergi bersama keluarga atau grup kecil hanya dengan satu kali pengisian dan sangat mudah. Cara pengisiannya pun sama seperti sistem yang lama hanya saja sudah dalam bentuk online. Dan ketika proses pengisian sudah komplet, wisatawan hanya perlu menunjukkan paspor diĀ gateĀ imigrasi untuk diperiksa.

Sistem yang telah mulai berlaku pada 4 Oktober 2018 ini akan melalui 3 bulan masa percobaan. Tujuan dari sistem ini adalah memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung dan menghemat produksi kertas yang mencapai 48 juta lembar per tahun. Sistem ini pun hanya berlaku bagi turis saja. Warga lokal Singapura, Permanent Resident dan pemegang izin tinggal dengan jangka waktu yang lama seperti visa pelajar dan pekerja tidak perlu melapor via online.

 

 

Penulis: Lydia Salsabila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *