Kecil-kecil Tapi Super, Ini dia 7 Biji-bijian Segudang Manfaat

Trend makanan sehat banyak diminati  belakangan ini. Mulai dari chips, salad, overnight oats, burger, hingga smoothie. Hampir keseluruhan makanan yang di anggap sehat ini berbahan dasar sayur, protein hewani, buah, air, kacang-kacangan hingga biji-bijian.

Meskipun berukuran kecil jangan anggap remeh dulu bahan pangan yang satu ini. Selain mengandung serat, biji-bijian juga mengandung vitamin, mineral, protein, antioksidan dan beberapa enzim penting untuk tubuh kita.

Untuk menambah wawasan kita mengenai biji-bijian,berikut 7 jenis biji-bijian yang sehat berdasarkan cookinglight.com.

 

  1. Chia Seed (Biji Chia)

Chia seed sudah banyak ditemui sebagai bahan campuran makanan belakangan ini, baik untuk cemilan maupun makan berat. Chia seed sendiri berasal dari tanaman gurun di Mexico yang bernama Salvia Hispanica. Chia seed mengandung asam lemak omega 3, karbohidrat, protein, serat, magnesium, vitamin E1, B1, B2, B3, fosfor dan manga. Chia seed sudah mulai banyak diketahui banyak orang karena khasiatnya yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti untuk mengurangi radang dan tekanan usus besar bagi penderita divertikulosis.

Biji-bijian yang satu ini juga di klaim ampuh untuk menurunkan berat badan. Hal inilah yang membuat Chia Seed menjadi makanan favorit bagi orang yang sedang menjalani diet. Tidak hanya itu, chia seed juga mampu mendetoks dan membersihkan pencernaan kita. Super ajaib bukan?

 

  1. Flax Seed (Biji Rami)

Mencari makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, serat makanan dan anti oksidan? Flax seed jawabannya. Mungkin kalian baru mendengar flax seed atau yang dalam bahasa indonesianya berarti biji rami. Flax seed termasuk kedalam golong biji-bijian yang menyehatkan dikarenakan terdapat beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Flax seed diklaim mampu menurunkan tingkat kolesterol, mencegah penyakit kardioviskular, mengurangi peradangan, memperlambat perkembangan kanker payudara, hingga menstabilkan gula darah.

 

  1. Sesame Seed (Biji Wijen)

Banyak dari kalian sudah pada tau biji wijen kan? Yups, biji wijen biasa kita temui di kue tradisional seperti onde-onde, roti-rotian hingga sebagai topping pada mie dan banyak digunakan untuk makanan di kawasan Asia. Biji wijen mengandung kalsium, zat besi, magnesium, zinc, vitamin B dan serat-serat makanan. Biji wijen diklaim mampu mengontrol kolesterol dan meningkatkan kesehatan otak.

 

  1. Pumpkin Seed (Biji Labu)

Tanaman labu, baik biji hingga buah di gadang-gadang memiliki sejuta manfaat. Di beberapa negara seperti Mexico dan India, biji labu dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Superfood satu ini mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan tubuh seperti magnesium, zinc, zat besi, vitamin E, vitamin K, potasium dan zat lainnya. Saat ini sudah banyak yang menjual pumpkin seed dalam kemasan. Penampakan yang berbentuk pipih, berwarna hijau dan putih, dan tekstur yang seperti kacang  membuat pumpkin seed mampu membantu kesehatan prostat dan jantung. Karena rendah lemak juga, pumpkin seed menjadi makanan yang favorit bagi orang yang sedang diet.

 

  1. Sunflower Seed (Biji Kuaci)

Kecil tapi kaya manfaat, yups sunflower seed atau biasa kita sebut dengan nama biji kuaci. Manfaat yang ditawarkan ketika kita mengkomsumsi sunflower seed banyak sekali. Sunflower seed mengandung banyak zat bermanfaat bagi tubuh seperti zat besi, asam folat, protein, zinc, serat makanan dan tinggi akan kandungan vitamin E. Seringkali kita melihat bahan-bahan kosmetik yang berbahan dasar dari sunflower seed di karenakan sunflower seed mengadungan vitamin E yang tinggi didalamnya. Selain untuk kecantikan, sunflower seed berkhasiat untuk peningkatan sistem imun tubuh serta mencegah penyakit kardioviskular.

 

  1. Wheat Germ (Inti Gandum)

Siapa sangka wheat germ termasuk superfood? Bagian paling inti pada gandum ini banyak  mengandung nutrisi tinggi seperti vitamin B, niacin, thiamin, riboflavin, asam folat, vitamin E, magnesium, fosfor, potasium, zat besi dan zinc. Wheat germ juga kaya akan serat dan rendah lemak yang mampu mengontrol gula darah, kolesterol hingga mengontrol kesehatan usus. Super sekali bukan?

 

  1. Hemp Seed (Biji Fumayin)

Kecil dan kontroversial, Hemp seed. Hemp seed sulit ditemui di Indonesia dikarena Hemp seed termasuk ke dalam tanaman sejenis ganja. Dalam bahasa biologi disebut Canbabis Sativa L. Undang-undang melarang mengkomsumsi apapun yang bersangkutan dengan ganja. Perlu diketahui hemp seed memiliki manfaat dan nutrisi yang tinggi untuk kesehatan tubuh manusia. Hemp seed walaupun sejenis tapi memiliki struktur asam amino yang jauh berbeda dari ganja. Karena dikenal sebagai tanaman sejenis ganja, hemp seed kurang dilirik sebagai superfood yang kaya akan nutrisi. Padahal hemp seedini mengandung hampir semua asam amino dan asam lemak esenssial yang jarang ditemui pada tanaman lain.

Itu dia 7 biji-bijian yang memiliki sejuta manfaat. Kecil-kecil tapi super ya? Nah, jika kamu ingin mencicipi biji-bijian ini kamu bisa manambahkan ke dalam campuran makanan seperti smoothie, overnight oats, hingga salad. Selamat mencoba.

 

Penulis: Gheby Mahas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *