Waspada! Virus Hepatitis A Merebak di Singkawang

Sebanyak 242 kasus terduga Hepatitis A dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Singkawang dan empat diantaranya positif terjangkit virus, dalam sepekan, dan sebagian besar adalah anak-anak.

Penyebaran virus Hepatitis A di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, semakin mengkhawatirkan. Terhitung hingga Kamis (6/9) lalu sebanyak 242 kasus terduga Hepatitis A dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Singkawang dan empat diantaranya positif terjangkit virus, dan sebagian besar adalah anak-anak.

Djoko Suratmiarjo, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Singkawang, mengungkapkan bahwa asal mula beredarnya virus ini didapatkan dari petugas Puskesmas Singkawang Barat. Namun pada saat itu bukan disebutkan Hepatitis A namun Demam Berdarah Dangue.

“Hingga ini ada tiga pasien yang ada di barak polisi dan satu orang Siswa SMK Mudita Singkawang yang positif mengidap virus Hepatitis A”, ungkap Djoko, seperti yang diberitakan Antara.

Munculnya kasus virus Hepatitis A di Kota Singkawang dalam dunia kesehatan sudah bisa disebut kejadian luar biasa (KLB). Terlebih lagi penyakit ini belum pernah terjadi sebelumnya di Kota Singkawang.

Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis tipe A yang menyerang sel-sel hati manusia. Gejala awal yang ditimbulkan yaitu mual, demam, muntah, nyeri pada otot dan sendi, serta diare.

Penularannya bisa dibilang sangat mudah yaitu dengan melalui makanan dan minuman. Untuk itu kita perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi jajanan. Penyebaran lainnya melalui air yang dipergunakan sehari-hari. Untuk itu selalu waspada dan apabila melihat gejala yang telah disebutkan harap segera periksa ke dokter.

 

Penulis: Gheby Mahas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *