Indonesia Kaya Akan Soto

Indonesia terkenal kaya dengan beragam budayanya. Termasuk citarasa kulinernya. Satu di antara makanan yang Indonesia banget adalah soto.

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya. Mau tau apa saja, ini beberapa di antara yang dirangkum tim redaksi Higadis.com:

Soto Kudus

Soto yang satu ini tentu bisa ditemui di daerah kudus.  Kamu dapat memilih mau pakai daging sapi atau ayam, Gals. Keduanya memiliki rasa manis gurih. Selain rasanya yang gurih, penyajiannya juga unik loh, yakni dengan mangkuk berukuran kecil, dan dilengkapi dengan irisan ayam goreng, seledri, bawang goreng, bawang putih goreng, dan toge.

Soto Medan

Soto dengan tekstur yang cukup kental ini, dimasak dengan santan sekali peras loh Gals.. Dengan ditambah perkedel kentang, rempah-rempahan, emping, telur, tomat, serta bawang merah, menambah kenikmatan tersendiri dari soto ini. biasanya terdapat dua pilihan, kalau gak pakai daging sapi, ya pakai ayam. Oh iya… soto medan juga bisa ditambah dengan bihun ya!

 

Soto Padang

Nah, yang satu ini adalah soto khas Sumatera Barat. Soto Padang terlihat lebih bening, karena dibuat dengan kaldu sapi. Rasa kuah yang kecut dari cuka menjadikan ciri khas rasanya.

 

Soto Madura

Dari namanya tentu aja sotonya dari Madura ya. Tau gak? Soto ini menjadi salah satu pilihan makanan  yang mengenyangkan. Karena jenis isinya yang lebih banyak dari jenis soto lainnya. Ada berbagai jeroan sapi, seperti babat, paru-paru, dan usus yang mencipakan rasa yang gurih.

 

Soto Betawi

Namanya aja Soto Betawi, ya pasti dari Jakarta ya Gals. Soto Betawi memiliki tekstur kuah yang cukup berat. Itu karena kuah yang dihasilkan dari santan dan susu. Rasanya jangan diragukan! Gurih!!! Salah satu bahan utama lainnya adalah jeroan. Semakin nikmat jika ditaburi dengan emping dan acar timun.

 

Soto Mie Bogor 

Soto Mie Bogor memiliki ciri khas dari mie kuningya. Tak jarang sering disamakan dengan mie rebus. Hmm padahal beda loh! Soto yang satu ini sangat unik, karena terdapat urat, kaki sapi, risoles, serta babat.

 

Soto Banjar

Nah! Yang ini khas dari pulau Kalimantan ya Gals. Soto Banjar dikenal kaya akan cita rasa dan rempah-rempahnya. Aneka rempa,h yakni kayu manis, cengkeh, dan biki pala. Kuah soto ini cenderung pucat, karena tidak menggunakan kunyit dalam pembuatannya. Soto Banjar biasa disajikan dengan ketupat, telur, dan perkedel.

 

Soto Makassar

Di Makassar, soto ini biasa dikenal dengan Coto Makassar. Wajib dicoba jika kamu sedang berkungjung ke Sulawesi Selatan ya! Rasanya yang khas berasal dari jeroan dan isi perut sapi. Potongan usus, hati, dan daging sapi, direbus dalam waktu yang lama, sehingga menghasilkan kaldu yang begitu yummyyy.

 

Soto Bandung

Gals, kalau kamu lagi di Bandung, jangan lupa icip-icip soto yang satu ini. Bahan dasarnya sama seperti soto nusantara lainnya. Yang membedakannya adalah penambahan tomat, lobak, dan kacang kedelai yang telah digoreng.

 

Soto Lamongan

Gals, kamu harus coba soto ini loh! Soto Lamongan identik dengan kuah koyanya. Koya terbuat dari udang dan bawang, yang menciptakan rasa yang sangat gurih. Ciri khas lain adalah penggunaan ayam kampung untuk pembuatan kaldu. Dipercaya, ayam kampung tidak berbau dan gurih saat dibuat menjadi kaldu.

 

Jadi gimana ni gals, kamu mau mencicip yang mana???

 

 

Penulis: Dea Dewi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *